Perawatan Rumah untuk Sakit Sesak Napas (Dyspnea)

Perawatan Rumah untuk Sakit Sesak Napas (Dyspnea) – Sesak nafas, atau dispnea, adalah kondisi tidak nyaman yang membuatnya sulit untuk mendapatkan udara sepenuhnya ke paru-paru Anda. Masalah dengan jantung dan paru-paru bisa membahayakan pernapasan Anda. Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas tiba-tiba dalam waktu singkat. Orang lain mungkin mengalaminya dalam jangka panjang – beberapa minggu atau lebih.

Perawatan Rumah Sesak Napas
Perawatan Rumah Sesak Napas

Jika sesak napas Anda bukan disebabkan oleh darurat medis, Anda bisa mencoba beberapa jenis perawatan di rumah yang efektif membantu meringankan kondisi ini. Banyak hanya melibatkan perubahan posisi, yang dapat membantu rileks tubuh dan saluran udara Anda. Berikut adalah tips terbaru Perawatan Rumah Sesak Napas

Bernafas dengan bibir

Ini membantu memperlambat laju pernapasan Anda, yang membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Ini juga membantu melepaskan udara yang terperangkap di paru-paru Anda. Ini dapat digunakan kapan saja Anda mengalami sesak napas, terutama selama bagian yang sulit dari suatu kegiatan, seperti menekuk, mengangkat benda, atau menaiki tangga.

Untuk melakukan pernafasan bibir-kencang. Relaks kan otot leher dan bahu Anda. Tarik napas perlahan melalui hidung selama dua hitungan, tutup mulut. Tempelkan bibir Anda seolah-olah Anda akan bersiul. Tarik napas perlahan dan lembut melalui bibir yang mengerut sampai hitungan ke empat.

Duduk maju

Beristirahat sambil duduk dapat membantu merilekskan tubuh Anda dan membuat pernapasan lebih mudah. Duduk di kursi dengan kaki rata di lantai, condongkan dada sedikit ke depan. Letakkan siku di atas lutut dengan lembut atau pegang dagu dengan tangan. Ingatlah untuk menjaga otot leher dan bahu Anda tetap rileks.

Duduk maju didukung oleh tabel

Jika Anda memiliki kursi dan meja untuk digunakan, Anda mungkin mendapati posisi duduk ini sedikit lebih nyaman untuk mengatur napas. Duduk di kursi dengan kaki rata di lantai, menghadap ke meja. Condongkan dada Anda sedikit ke depan dan letakkan tangan Anda di atas meja. Letakkan kepala Anda di lengan bawah atau di atas bantal.

Bagaimana Memberi Perawatan Sakit Sesak Nafas?

Berdiri dengan punggung yang didukung

Berdiri juga dapat membantu merilekskan tubuh dan saluran udara Anda. Berdirilah di dekat dinding, hadap jauh, dan letakkan pinggul di dinding. Pisahkan kedua kaki selebar bahu, dan letakkan kedua tangan di paha. Dengan bahu Anda rileks, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan gantungkan lengan Anda di depan Anda.

Berdiri dengan lengan yang didukung

Berdirilah di dekat meja atau perabot datar dan kokoh lainnya yang sedikit di bawah tinggi bahu Anda. Istirahatkan siku atau tangan Anda di atas perabot, jaga leher Anda tetap rileks. Tempatkan kepala Anda di lengan Anda dan rilekskan bahu Anda.

Tidur dalam posisi santai

Banyak orang mengalami sesak napas saat tidur. Ini dapat menyebabkan Anda sering terbangun, yang dapat mengurangi kualitas dan durasi tidur Anda. Cobalah berbaring miring dengan bantal di antara kaki dan kepala Anda ditinggikan oleh bantal, jaga agar punggung Anda tetap lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala ditinggikan dan lutut ditekuk, dengan bantal di bawah lutut.

Baca Juga : http://hipov.info/inilah-cara-menjadi-lebih-sehat/

Pernafasan diafragma

Pernafasan diafragma juga dapat membantu sesak napas Anda. Duduk di kursi dengan lutut tertekuk dan bahu, kepala, dan leher rileks. Letakkan tangan Anda di atas perut. Tarik napas perlahan melalui hidung Anda. Anda harus merasakan perut Anda bergerak di bawah tangan Anda. Saat Anda mengeluarkan napas, kencangkan otot Anda. Anda harus merasakan perut Anda jatuh ke dalam. Hembuskan keluar melalui mulut Anda dengan bibir mengerucut.

Beri penekanan lebih pada napas daripada menghirup. Teruslah menghembuskan napas lebih lama dari biasanya sebelum perlahan-lahan menghirup lagi. Ulangi selama sekitar lima menit. Itulah Perawatan Rumah Sesak Napas